Selasa, 07 April 2015

Masakan Khas Bengkulu

Hasil gambar untuk bengkulu

Indonesia adalah surga untuk berwisata kuliner. Semua daerah di Indonesia merupakan surganya para pecinta kuliner. Setiap daerah seakan memiliki ciri khas kulinernya masing-masing dan semua ciri khas tersebut menjadi keunggulanya. Bahkan Bengkulu yang terlihat kecil, memiliki wisata kuliner yang menarik untuk di telusuri. Berikut ini adalah beberapa makanan khasdari Bengkulu.


1. Bagar hiu

Hasil gambar untuk bagar hiu
Resep makanan khas Bengkulu pertama adalah yaitu bagar hiu. Seperti namanya, masakan ini berbahan dasar ikan hiu. Pada umumnya mereka menggunakan ikan hiu jenis punai ataupun juga jenis hiu tanduk dengan cita rasa yang tidak terlalu amis serta berkulit lembut.
Resep masakan Bagar hiu ini terbuat dari bahan daging ikan hiu, cengkeh, ketumbar bulat, cabai, pala, kayu manis, lengkuas, asam jawa, bawang putih dan bawang merah serta kelapa goreng untuk mengentalkan masakan bagar hiu.

2. Pendap

Gambar terkait
hampir setiap penduduk di Bengkulu mengenal makanan Pendap. Pendap ini terbuat dari berbagai macam sepeti bawang putih, cabai, kencur yang kemudian dicampur dengan kelapa muda. Setelah itu campuran tadi dibungkus pakai daun talas. Setelah itu dimasukkan sepotong ikan dan direbus hingga sampai 8 jam.

3. Tempoyak

Hasil gambar untuk tempoyak bengkulu
Masakan tempoyak ini menjadi ciri khas masakan khas dari tiga daerah yaitu Palembang, Jambi dan Bengkulu. Tempoyak terbuat dari fermentasi durian

4. Gulai Kemba’ang

Hasil gambar untuk Gulai KembaĆ¢€™ang
Gulai Kemba’ang ini lebih dikenal sebagai masakan khas kabupaten Muko-Muko Bengkulu. Gulai kemba’ang dibuat dari iga sapi dengan racikan bumbu tentunya. Gulai kemba’ang merupakan menu khusus yang biasanya sering dibuat pada bulan puasa atupun lebaran.

5. Lema

Gambar terkait
Hampir mirip dengan tempoyak, yaitu makanan hasil fermentasi. Lema dianggap sebagai masakan khas daerah Rejang. Lema terbuat dari adonan rebung ( bambu muda ) yang dicincang serta digabung ikan air tawar. Setelah itu adonan tersebut disimpan dalam wadah yang dilapisi dengan daun pisang serta ditutup rapat sekurang-kurangnya tiga hari sebagai wujud sistem fermentasi.

6. Kue Tat

Hasil gambar untuk kue tat khas bengkulu
Kue khas Bengkulu adalah Kue Tat. Kue ini sering dijumpai sat pesta pernikahan atau hari besar Islam. Kue tat ini terbuat dari campuran tepung gandum, gula pasir, telur ayam serta mentega. Kue Tat biasanya dibuat dalam berbagai ukuran mulai dari yang kecil sampai yang besar dan dihiasi dengan parutan nenas maupun kelapa serta gula merah untuk mempermanis tampilan

7. Lepek binti

Gambar terkait
Selain Tat, makanan ringan khas Bengkulu lainnya adalah Lepek Binti. lepek binti berbahan tepung ketan, garam, santan yang didalamnya berisi gilingan daging sapi bercampur bumbu berbentuk santan, lengkuas serta daun salam. Kemudian bahan tersebut dibungkus daun pisang dan direbus.

Demikianlah 7 Makanan Daerah Khas Daerah Provinsi Bengkulu Indonesia. Jadi jika anda berwisata ke daerah Bengkulu, pastikan anda mencicipi masakan kuliner khas daerah Bengkulu ini. Terima Kasih

2 komentar:

  1. masakan tempoyak itu apa ya? kurang penjelasan gan ,

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempoyak itu nama makanan khas asal Jambi yang terbuat dari durian yang di fermentasi

      Hapus