Sabtu, 28 April 2018

Danau Kaolin: Wisata Iceland Ala Indonesia

Gambar terkait


Provinsi Bangka Belitung memang banyak memiliki surga tersembunyi bagi siapapun yang ingin mengunjunginya. Begitu kita mendengar wisata di daerah Bangka Belitung, yang pertama kali terlintas di benak kita adalah sebuah film berjudul Laskar Pelangi yang menampilkan suguhan berupa hamparan wisata pantai yang indah nan eksotis mengelilingi pulau tersebut. Namun, destinasi wisata di Bangka Belitung tidak hanya berupa pantai, namun provinsi ini juga memiliki wisata lainnya. Salah satunya adalah danau kaolin. Lantas apa sih yang menarik dari danau ini?.


Danau Kaolin adalah sebutan warga lokal Bangka untuk danau bekas galian tambang Kaolin. Danau-danau ini tersebar di beberapa lokasi di dua pulau tersebut. Danau Kaolin di Pulau Bangka dikenal sebagai Camoi Aek Biru. Danau yang disebut-sebut mirip dengan danau yang ada di Islandia ini terletak di Desa Air Bara, Kec. Air Gegas, Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung. Danau Kaolin adalah sebuah danau yang memiliki warna daratan yang putih bersih layaknya hamparan salju dan air danau yang berwarna biru muda. Apakah danau ini terbentuk dari fenomena alam? Jawabannya adalah tidak. Danau ini bukan berasal dari kawah gunung seperti Danau Kawah Putih Ciwidey di Bandung, namun danau ini terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan oleh masyarakat setempat dan dengan sendirinya bekas galian tersebut dibentuk oleh “tangan-tangan” alam menjadi sebuah danau yang indah.

Danau Kaolin Air Bara tidak memiliki jam buka seperti pada umumnya. Jadi anda bisa datang pada pagi hari maupun sore hari, namun jika anda ingin berfoto dengan view yang bagus, sebaiknya anda datang pada pagi hari saat cuaca cerah dan pada sore hari saat langit mulai menunjukan keteduhannya. Jika anda ingin berkunjung, maka anda tidak perlu membeli tiket masuk, alias gratis sebab untuk saat ini Danau Kaolin Air Bara belum menerapkan kebijakan tersebut. Pengunjung hanya perlu membayar uang parkir yang berkisar Rp.1000-Rp.5000 saja.

#RAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar